Laman

Rabu, 24 Oktober 2018

FOPPSI KAB. SANGGAU RESMI BERDIRI

Sanggau Kapuas, 22 Oktober 2018

Foto bersama Ketua FOPPSI Kalimantan Barat ( Maliandri Bhakti Suhada ) di dampingi Wakil Sekretaris FOPPSI Kalimantan Barat ( Tuti Rohayati ) bersama Wakil Bupati Sanggau ( Drs. Yohanes Ontot, M.Si ), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau ( Sudarsono, S.Ap ) beserta Pengurus FOPPSI Kabupaten Sanggau dan Jajaran Kepala Cabang Dinas Pendidikan se Kabupaten Sanggau.

Dewan Pengurus Daerah Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (DPD FOPPSI) Kabupaten Sanggau sukses menggelar acara Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) FOPPSI Kabupaten Sanggau pada tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Aula SMPN 02 Sanggau. Hadir pada kesempatan ini wakil Bupati Sanggau Bapak Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau bapak Sudarsono, S. AP beserta jajarannya, perwakilan Kapolres Kabupaten Sanggau, Kepala Cabang Dinas se-Kabupaten Sanggau, Operator Pendataan Pendidikan atau Admin Dinas Se - Kabupaten Sanggau, serta para Operator Pendataan Sekolah yang tergabung dalam keanggotaan FOPPSI di Wilayah Kabupaten Sanggau juga yg belum tergabung di keanggotaan Foppsi Kabupaten Sanggau.

Pada acara tersebut setelah mendengar kata sambutan dari pejabat-pejabat terkait, ketua FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat dan Ketua terpilih FOPPSI Kabupaten Sanggau. Wakil Bupati kemudian menyerahkan simbol Kepengurusan FOPPSI yaitu berupa Bendera FOPPSI, Plakat FOPPSI, serta hal yang menyangkut keskretariatan FOPPSI.

Dalam Sambutannya wakil Bupati menyampaikan bahwa diawal-awal Dapodik banyak kendala yang ditemukan dilapangan karena itu operator pendataan pendidikan diharapkan bisa professional dalam tugasnya, karena operator ini menentukan hasil pendataan yang ada di daerah. Dan dibentuknya Organisasi ini dianggap penting dalam hal pendataan didaerah-daerah jadi jangan pernah meremehkan tugas seorang operator pendataan karna seorang operator bisa saja memblow-up data kalau mereka mau, pungkasnya.

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan bahwa seorang Operator Sekolah memegang kunci dalam arus data yang berkaitan di dunia pendidikan bagaimana pun keputusan pimpinan pusat itu tergantung bagus tidaknya laporan yang disampaikan seorang operator sekolah.


Terkait dengan beban tugas kinerja seorang operator wakil bupati kabupaten sanggau menyampaikan bahwa operator juga harus mendapatkan perhatian pemerintah terkait dengan tunjangan kinerja (tukin). Beliau bersyukur bahwa sekarang sudah ada forum dari Operator dan dipandang penting oleh pemerintah bagaimana mengurus dunia Pendidikan dalam hal pendataan. Beliau juga meminta kepada ketua Foppsi terpilih Kabupaten Sanggau agar bisa menjaga keprofesionalitas dalam kinerja operator tentang data yang tepat dan akurat.

Sambutan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau selain mengucapkan selamat atas terlaksananya acara Musyawah Kabupaten (MUSKAB) FOPPSI Kabupaten Sanggau dan pengukuhan Pengurus FOPPSI Kabupaten Sanggau beliau juga mengharapkan agar para operator bisa bekerja secara professional terkait pendataan dalam dunia pendidikan semisalnya pendataan tentang  sarpras yang ada disekolah masing-masing dimana operator tersebut bertugas. Juga pendataan tentang guru-guru agar data yang tersampaikan akurat dan jelas.

Selanjutnya kata sambutan yang disampaikan ketua FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat, di awal sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada Pengurus yang baru dilantik, ketua FOPPSI Provinsi juga berpesan agar para pengurus bisa bekerja semaksimal mungkin dan tetap menjujung tinggi sikap profesional  dan rasa kebersamaan, dalam penjelasan beliau dihadapan Wakil Bupati Sanggau, Kepala Dinas beserta jajarannya juga kepala Dinas Cabang se-Kabupaten Sanggau bahwa FOPPSI adalah organisasi yang bersifat Unitaristik, tidak memandang kasta dalam ke organisasian dengan kata lain bahwa Forum ini dibentuk tanpa memandang perbedaan Ijazah, Tempat Kerja, Kedudukan, Agama, Suku, Golongan, Gender, dan Asal-Usul. Hanya lebih memandang Adat karna Ilmu Tanpa Adat adalah Kebodohan, lebih lanjut ketua FOPPSI Provinsi menyampaikan alasan beliau menyinggung hal tersebut karena yang terjadi lapangan saat ini tak ubahnya pukul anak sindir menantu antara kepala UPT , Forum, dan Operator Kecamatan, berkaitan dengan hal tersebut ketua FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat mejelaskan bahwa beliau tidak pernah menginstruksikan agar pengurus atau anggota FOPPSI mengambil alih tugas seorang operator kecamatan justru dengan adanya forum ini diharapkan bisa menyelesaikan perkara-perkara yang ditemukan dilapangan terkait yang menjadi tugas seorang operator sekolah dan pembentukan forum ini tujuannya adalah juga untuk berdiskusi sesama operator sekolah, bayangkan kalau ada 5000 operator tidak bisa menginstal Dapodik dan 5000 nya harus datang ke dinas pendidikan tentu itu sangat menguras waktu dan tenaga, beliau juga menambahkan alangkah baiknya semua pihak yang terkait dengan pendataan dalam hal ini Operator kecamatan dan Operator sekolah saling bersinergi jadi jangan adalagi bahasa kalau mau minta data minta saja ke FOPPSI, karna bagaimanapun data kedinasan tetap bersumber dari Cabang Dinas atau UPT. Dengan hadirnya  FOPPSI di Kabupaten Sanggau diharapkan dapat meningkatkan SDM dalam hal ini Operator Pendataan Pendidikan serta dapat menyatukan kekuatan, menyatukan visi dan misi dalam mensukseskan pendataan dikabupaten sanggau tepat dan akurat. Di akhir kata sambutannya Tak lupa beliau memberikan informasi dihadapan wakil bupati serta para pejabat dilingkungan pendidikan bahwa dalam pengiriman PMP Kabupaten Sanggau menjadi peringkat ke dua dan peringkat ke empat untuk pengiriman dapodik di tingkat provinsi hal itu disambut antusias dan mendapat tepukan yang gemuruh dari seluruh operator yang hadir pada acara tersebut.

Sedikit tambahan dari ketua FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat bahwa secara Nasional Organisasi FOPPSI ini sudah resmi karna sudah memiliki Sertifikat SK Menteri Hukum Dan HAM Republik Indonesia dengan nomor surat keputusan AHU-0033876.AH.01.07. TAHUN 2015,  Akta Notaris atas nama Iis Anita Puspitasari, S.H. Nomor 2283 Tgl. 29/12/2015, dan untuk FOPPSI Kalimantan Barat sudah dilaporkan ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dengan nomor bukti tanda lapor yaitu 220 / 304 / BKBP-B.2 tanggal 5 April 2017.

Sambutan dari ketua terpilih Dewan Pengurus Daerah Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (DPD FOPPSI) Kabupaten Sanggau. Dalam sambutannya Ketua FOPPSI terpilih menyampaikan bahwa setelah pengukuhan ini insyaallah FOPPSI kabupaten Sanggau akan melakukan konsolidasi guna meyakinkan pihak-pihak terkait bahwa forum ini adalah forum yang sangat luar biasa, karena ketepatan dan keakuratan data merupakan visi dan misi organisasi.  Selain itu juga FOPPSI kabupaten Sanggau akan terus berkoordinasi untuk memperjuangkan nasib dari tenaga-tenaga operator yang notabene masih belum diperhatikan kesejahteraannya.

Lebih lanjut Ketua FOPPSI Kabupaten Sanggau juga menyampaikan bahwa operator di Sekolah merupakan salah satu Jabatan yang mungkin tidak setinggi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah ataupun Guru akan tetapi di tangan Operator Nasib semua Jajaran yang ada di sekolah di tentukan, baik buruk dan Suksesnya semua yang diharapkan oleh Pihak yang ada di Lembaga Pendidikan, mulai dari Dana Bantuan Operasional Sekolah,  Aneka Tunjangan untuk Guru-guru, sampai data Siswa. lalu dimana letak tidak pentingnya seorang operator sekolah? kita hanya berjuang demi kesejahteraan kita kepada pihak-pihak pembuat kebijakan di pemerintahan,” tambahnya. Beliau juga bersyukur karna Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sanggau beserta jajarannya mendukung perjuangan FOPPSI Sanggau. Bahkan pak sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sanggau banyak memberikan dukungan arahan kepada Pengurus DPD FOPPSI Sanggau agar organisasi ini bisa diperhatikan oleh pihak-pihak terkait.

Terkait dengan sejarah terbentuknya FOPPSI di Kabupaten Sanggau ketua FOPPSI sanggau dalam sambutannya menyampaikan sekilas cerita sebagai berikut:
Pada awalnya anggota FOPPSI dari kabupaten Sanggau hanya berjumlah 5 orang, dari beberapa orang ini kami ditunjuk Pengurus FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat untuk membentuk organisasi ini di kabupaten sanggau yang tercinta ini, saya masih ingat pertama kali menghadap bapak kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sanggau beliau menerima kami dengan tangan terbuka serta memberikan pesan-pesan moral yang sangat berguna bagi kami bahkan beliau juga memberikan surat rekomendasi tetang pembentukan Dewan Perwakilan Cabang FOPPSI disetiap kecamatan yang ada di kabupaten sanggau.

Seiring berjalannya waktu selama enam bulan sejak diterbitkannya Surat Mandat bagi tim formatur FOPPSI Kabupaten Sanggau serta diterbitkannya surat rekomendasi dari bapak kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten sanggau, sampai hari ini jumlah anggota Foppsi dikabupaten sanggau ini sekarang sudah mencapai angka 230 anggota dari sekitar 600 sekolah yang ada dikabupaten sanggau. Serta dari 15 kecamatan sudah terbentuk 11 Dewan Perwakilan Cabang (DPC) dan telah diterbitkan surat mandat pembentukan kepengurusanya.

Dalam rentang waktu enam bulan tersebut banyak hal yang kami temui, pertentangan dari berbagai pihak, diremehkan sudah seperti makanan utama kami di kepengurusan foppsi kabupaten sanggau ini, tapi alhamdulillah semangat perjuangan kita para pengurus tak pernah surut sedikitpun, kita juga bersyukur karna kita punya pemimpin yg berjiwa besar dan bijaksana, yang selalu mensuport, beliau adalah para pejabat dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten sanggau,, bapak Sudarsono,S.AP kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten sanggau, bapak Drs. Maskun Hamri, M.M sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak  Anselmus Mulyadi, S. Kom., M. M Kasubag Perencanaan dan akuntabilitas Kinerja serta Pak Candra Hidayat, S.Pd  Selaku Dewan Penasehat Foppsi Kabupaten Sanggau juga selaku Operator atau Admin Dinas Kabupaten Sanggau dan Ibu Tuti Rohayati selaku Wakil Sekretaris FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat juga selaku  Operator atau Admin Dinas Kabupaten Sanggau, serta pihak terkait yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu yang telah  banyak mendukung dan mensuport dalam pembentukan FOPPSI diKabupaten Sanggau.

Adapun Program Kerja FOPPSI Kabupaten Sanggau Masa Bakti Tahun 2018-2021 Mengacu pada AD/ART FOPPSI ada beberapa hal yang akan menjadi prioritas dalam program kerja FOPPSI Kabupaten Sanggau Tahun 2018-2021 diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Terciptanya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dari seluruh anggota FOPPSI melalui  program pelatihan internal FOPPSI Kabupaten Sanggau (pendalaman kemampuan dalam administrasi pendataan pendidikan yang berkualitas, tepat dan akurat, pembuatan blog/website sekolah, dan lain sebagainya).
2. Tersedianya tempat khusus dalam pengelolaan dan pengembangan organisasi di Sekretariat FOPPSI Kabupaten Sanggau yang nantinya juga akan kami adakan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan UPT Dinas Dikbud dan MKKS setempat.
3. Mengadakan bimbingan dan pelatihan bagi guru-guru (bukan Operator) dalam mengenalkan pendidikan berbasis IT, pengenalan Microsoft Office baik itu Word, Excel atau Powerpoint, yang dapat membantu kompetensi guru terkait bidang IT. Kegiatan ini diharapkan dapat bekerja sama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau.
(kegiatan ini sebagai salah satu program untuk meringankan beban kerja operator kedepan, karena temuan dilapangan Operator terkadang dibebankan juga dalam pengerjaan administrasi guru, dikarenakan banyak guru yang belum menguasai IT).
4.  Melaksanakan DIKLAT bagi para Operator terkait perkembangan system pendataan pendidikan atau pengenalan aplikasi-aplikasi baru yang menjadi bagian dari Pendataan Pendidikan.
5.  Mengembangkan sarana publikasi yang berhubungan dengan potensi daerah yang ada di setiap kecamatan se-Kabupaten Sanggau melalui blog resmi FOPPSI Kabupaten Sanggau.
6. Mengembangkan citra positif OPP dengan adanya peningkatan kualitas kinerja pada satuan        pendidikannya masing-masing.

SUSUNAN PERSONALIA BADAN PENASEHAT DAN PENGURUS
FORUM OPERATOR PENDATAAN PENDIDIKAN SELURUH INDONESIA ( FOPPSI )
KABUPATEN SANGGAU PROVINSI KALIMANTAN BARAT
MASA BHAKTI 2018 – 2021


I. PELINDUNG

Bupati Sanggau
Ketua DPRD Kabupaten Sanggau
Kapolres Kabupaten Sanggau
DANDIM 1204 Sanggau

II. DEWAN PEMBINA

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau

III. DEWAN PENASEHAT

1.      Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
2.      Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
3.      Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
4.      Kabid Pembinaan Pauddikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
5.      Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
6.      Kasubag Perencanaan dan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
7.      Kasubag Umum Dan Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
8.      Kasubag Keuangan Dan Aset Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
9.      Admin Dapodik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
10.  Admin Emis Kementerian Agama Kabupaten Sanggau

IV. PENGURUS
Ketua                                : Sri Sulastri           :     SD Negeri 04 Tayan, Kecamatan Tayan Hilir
Wakil Ketua 1                   : Akhmad Romadi      :     SD Negeri 02 Kedukul Kecamatan Mukok
Wakil Ketua 2                   : Doddy Tampati  :     SD Negeri 13 Mabit Kecamatan Noyan
Sekretaris                          : Herman               :     SD Negeri 10 Sanggau Kecamatan Kapuas
Wakil Sekretaris                : Diana Linsung     :     SD Swasta Paroki Katedral Sanggau Kecamatan Kapuas
Bendahara                         : Syabirin               :     SD Negeri 37 Muara Ronai Kecamatan Jangkang Wakil Bendahara                         : Rudiansyah         :     SD Negeri 54 Mensarang Kecamatan Kapuas

SEKSI BIDANG
Seksi Bidang Organisasi, Kaderisasi, Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan
1.      Nurfahni                                              :     SD Negeri 02 Balai, Kecamatan Balai
2.      Aam Susanto                                       :     SD Negeri 35 Kuala Buayan Kecamatan Meliau
Seksi Bidang Komunikasi dan Informasi
1.      Aprizal Haryanto                                :     SD Negeri 29 Sanggau Kecamatan Kapuas
2.      Rahmansyah                                        :     SD Negeri 09 Sanggau Kecamatan Kapuas
Seksi Bidang Pendidikan, Pembinaan, Pengembangan Karier dan Profesi
1.      Wanti Sila Sakti                                  :     SD Negeri 34 Borang Kecamatan Kapuas
2.      Mahfuzah                                            :     SDN 06 Peruan Dalam Kecamatan Tayan Hulu
Seksi Bidang Pengabdian Masyarakat
1.      Abang Amri                                        :     SD Negeri 37 Balai Nanga Kecamatan Kapuas
2.      Aris Subarkah                                     :     SD Negeri 11 Sanggau Kecamatan Kapuas
Seksi Bidang Penegakan Kode Etik, Advokasi dan Pertimbangan Hukum
1.      Jamian                                                 :     SD Negeri 75 Tapang Dulang Kecamatan Kapuas
2.      Suherliyawandi                                   :     SMP Negeri 01 Bonti Kecamatan Bonti
Seksi Bidang Penelitian dan Pengembangan
1.      Suci Aprianda                                     :     SD Negeri 13 Sungai Ronggas Kecamatan Tayan Hilir
2.      Abang Jeffri Razali                             :     SD Negeri 13 Sanggau Kecamatan Kapuas


DOKUMENTASI




Pengucapan Sumpah dan Janji yang dipimpin Ketua Foppsi Provinsi Kalimantan Barat Bapak Maliandri Bhakti Suhada


Penyerahan Bendera Foppsi Oleh Wakil Bupati Bapak Drs.Yohanes Ontot, M.Si


Penyerahan Plakat Foppsi Oleh Wakil Bupati Bapak Drs.Yohanes Ontot, M.Si


Penyerahan Salinan SK Foppsi Oleh Wakil Bupati Bapak Drs.Yohanes Ontot, M.Si


Sambutan Wakil Bupati Sanggau Bapak Drs.Yohanes Ontot, M.Si


Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau bapak Sudarsono, S.AP


Sambutan Ketua Foppsi Provinsi Kalimantan Barat Bapak Maliandri Bhakti Suhada


Sambutan Ketua Terpilih Foppsi Kabupaten Sanggau Sri Sulastri

Pembacaan Surat Keputusan Tentang Dewan Pengurus Daerah Foppsi Kabupaten Sanggau oleh Wakil Sekretaris Foppsi Provinsi Kalumantan Barat


Kepala Cabang Dinas Se-Kabupaten Sanggau ketika menyambut kedatangan Wakil Bupati Kabupaten Sanggau.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau dan Wakil Bupati Kabupaten Sanggau menunggu acara dimulai






Ditulis Oleh

Sri Sulastri
KETUA FOPPSI KABUPATEN SANGGAU

Dipublikasikan Oleh
Desy Astuti
Misli S.R
SEKSI BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMASI
FOPPSI PROVINSI KALIMANTAN BARAT

SALAM FOPPSI
DATA TEPAT DAN AKURAT






3 komentar:

  1. Semangat Foppsi Kabupaten Sanggau...

    BalasHapus
  2. Selamat Foppsi Kabupaten Sanggau khususnya, semoga tetap profesional dalam bekerja

    BalasHapus
  3. Selamat atas kesuksesan kegiatan pengukuhan ini, dan semangat untuk rekan-rekan DPD FOPPSI Sanggau khususnya, perjalanan kita masih panjang... Semoga langkah awal ini memberikan jalan baru bagi pencerahan dunia pendataan pendidikan di kabupaten Sanggau khususnya, dan memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk dunia pendidikan
    😍😍😍

    BalasHapus