Laman

Rabu, 12 Juni 2019

VIRAL. Kegiatan FOPPSI Kembayan, FOPPSI Beduai dan FOPPSI Sekayam di bulan Ramadhan tuai pujian

GERAKAN PEDULI SESAMA ( GPS )
FOPPSI CABANG KEMBAYAN, FOPPSI CABANG BEDUAI DAN 
FOPPSI CABANG SEKAYAM KABUPATEN SANGGAU

Kolaborasi apik antar komunitas, ketika organisasi profesi dan organisasi agama bersatu dalam dalam silaturahim dan ukhuwah Islami


FOPPSI CABANG KEMBAYAN, CABANG BEDUAI DAN CABANG SEKAYAM GELAR GERAKAN PEDULI SESAMA 26 s/d 29 MEI 2019

Rasul (Sallallu alaihi wassalam) berkata, “Amal terbaik adalah yang di lakukan di bulan Ramadhan” – At-Tirmidhi

Dalam rangka mengisi dan menyemarakkan Bulan Ramadhan 1440 H, melalui Gerakan Peduli Sesama (GPS),  FOPPSI Cabang Kembayan, Cabang Beduai, dan Cabang Sekayam berkerja sama dengan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Lintas Sekayam dan Komunitas Pencinta Masjid serta Remaja Islam Masjid Al Muhsinin Tanjung Periuk Kecamatan Kembayan mengadakan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI).
Mengusung tema “Dengan Pentas Pendidikan Agama Islam, kita jalin silaturahim dan Ukhuwah Islami Lintas Komunitas dalam membentuk generasi yang cerdas, berkarakter, beriptek, dan berimtaq” salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk media untuk memperkokoh jalinan silaturahmi fungsional dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah.
Seluruh biaya kegiatan ini berasal dari sumbangan/bantuan anggota dan pengurus masing-masing komunitas (FOPPSI Cabang Kembayan, Beduai, dan Sekayam, KKG PAI, KPM, dan Reisma Al Muhsinin), sumbangan/bantuan dari Guru, sekolah dan Korwil di Kecamatan Kembayan, Beduai dan Sekayam, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sanggau, serta  sumbangan/bantuan dari masyarakat di Kecamatan Kembayan, Beduai, dan Sekayam. Selain dalam bentuk uang tunai, sumbangan dan bantuan dalam kegiatan ini juga berupa Al-Qur’an dari Islamic Center Al Hazza Sekayam, perlengkapan shalat, perlengkapan packaging takjil, sembako, dan bahan makanan dari Toko-toko di Kecamatan Kembayan.



Sambutan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kembayan yang diwakili oleh Bapak Sukardi, S.Pd.SD dalam acara pembukaan tanggal 26 Mei 2019

Dibuka oleh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kembayan pada tanggal 26 Mei 2019, kegiatan tersebut digelar selama 4 hari dengan berbagai lomba-lomba keagamaan antara lain:
1.       Lomba Da’i Cilik (Dacil) Kategori SD/MI
2.       Lomba Fahmil Qur’an (Cerdas Cermat) Kategori SD/MI
3.       Lomba Fahmil Qur’an (Cerdas Cermat) Kategori SMP/MTs
4.       Lomba Musabaqah Adzan Kategori Umum
5.       Lomba Hifdzil Qur’an (Hafalan Surah Pendek) Kategori SD/MI
6.       Lomba Tartil Kategori SD/MI
7.       Lomba Tilawah Kategori Remaja

Lomba-lomba tersebut diikuti oleh 25 SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA dan 10 Masjid/Surau di wilayah Kecamatan Kembayan, Beduai dan Sekayam dengan jumlah peserta sebanyak 123 orang. Keluar sebagai pemenang Lomba Da’i Cilik Kategori SD/MI adalah Sri Ayu Lestari dari SDN 22 Boro Kec. Kembayan, Ami Azzahra dari SDN 05 Lomur Kec. Sekayam, dan Septi Ramadhani dari SDN 01 Serambai. Lomba Fahmil Qur’an Kategori SD/MI dimenangkan oleh tim SDN 01 Serambai, tim SDN 05 Kelompu, dan tim MIS Fadhillah Kembayan, sedangkan untuk Kategori SMP/MTs dimenangkan oleh tim SMP IT Al Hazza Sekayam, tim MTsN 2 Sanggau Balai Karangan Sekayam, dan tim MTs Hidayatullah Kembayan. Untuk Lomba Musabaqah Adzan Kategori Umum dimenangkan oleh Adi Pratama dari Masjid Baitul A’la, Abang Ahmad Yani dari Masjid At Tawwabin dan Ardiyanto dari Masjid Baitul Qudus. Lomba Hifdzil Qur’an Kategori SD/MI dimenangkan oleh Maulidah Fellecity dari MIS Fadhillah Kembayan, Neyla Salsabila dari SDN 22 Paus Kec. Sekayam, dan Rifki Nur Fuzan dari SDN 18 Transmigrasi II Kembayan. Lomba Tartil Kategori SD/MI dimenangkan oleh Aulia Ardianti dari SDN 01 Serambai,, Muhammad Zahid Radil Ikram dari SDN 22 Paus Kec. Sekayam, dan Raful Yadain Fisalah dari SDN 18 Transmigrasi II Kec. Kembayan. Sedangkan Lomba Tilawah Kategori Remaja dimenangkan oleh Widiastuti dari MTsN 2 Sanggau Balai Karangan Kec. Sekayam, Sarwenda dari MAS Fadhillah Kembayan, dan Muhammad Abduwahid Aswan dari Surau Al Ikhlas Dusun Seberang Kec. Kembayan.

Puncak kegiatan pada acara Penutupan tanggal 29 Mei 2019, dimana selain mengumumkan dan membagikan hadiah kepada para pemenang lomba, acara tersebut juga dibarengi dengan Buka Puasa Bersama, Pembagian Takjil, dan Bakti Sosial dengan menyerahkan Santunan kepada Anak Yatim/Piatu/Fakir/Miskin dari masing-masing sekolah peserta lomba.
Hadir dalam acara penutupan tersebut Bapak Camat Kembayan, Kapolsek Kembayan, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kembayan, Beduai, dan Sekayam, Ketua FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat didampingi Seksi Bidang Pengabdian Masyarakat FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat dan Ketua FOPPSI Cabang Sungai Raya, juga Ketua FOPPSI Kabupaten Sanggau didampingi Seksi Bidang Pengabdian Masyarakat FOPPSI Kabupaten Sanggau, Wakil Bendahara FOPPSI Kabupaten Sanggau, dan Sekretaris FOPPSI Cabang Tayan Hilir. Dihadiri pula oleh Ketua beserta Pengurus semua Komunitas yang tergabung.


Undangan yang hadir dalam acara penutupan Pentas PAI GPS tanggal 29 Mei 2019

Dalam sambutannya pada acara penutupan, Ketua FOPPSI Kalimantan Barat, Bapak Maliandri Bhakti Suhada menyatakan bahwa memberikan pendidikan agama bukan hanya merupakan tugas dan tanggung jawab sekolah dan orang tua, tapi juga merupakan bagian dari tanggung jawab moral masyarakat. Dan Gerakan Peduli Sesama (GPS) yang merupakan bagian dari pogram pengabdian kepada masyarakat FOPPSI adalah perwujudan dari tanggung jawab moral tersebut.


Sambutan Ketua FOPPSI Kalimantan Barat, Bapak Maliandri Bhakti Sudaha dalam acara Penutupan tanggal 29 Mei 2019

Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kembayan yang diwakili oleh Pengawas SD Kecamatan Kembayan Bapak Sukardi, S.Pd sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat menjadi sarana untuk pencarian bakat-bakat dalam bidang keterampilan dan seni agama. Selain itu menjadi bukti nyata sinergi antar komunitas dalam pendidikan khususnya pendidikan agama

Sambutan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kembayan yang diwakili oleh Bapak Sukardi, S.Pd.SD dalam acara Penutupan tanggal 29 Mei 2019


Sambutan Camat Kembayan, Bapak Drs. Inosensius Nono dalam acara Penutupan tanggal 29 Mei 2019
Hal senada juga disampaikan oleh Camat Kembayan, Bapak Drs. Inosensius Nono yang sekaligus menutup kegiatan Pentas PAI GPS 1440 H dan harapan beliau kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tahun mendatang serta menjadi agenda rutin.
Semoga Ramadhan ini menjadi titik awal Pendidikan Agama Islam yang lebih baik.

“Siapa pun yang melakukan kebaikan bulan ini, Allah akan melipatgandakan pahala sebesar 70 kali lipat” – At-Tirmidhi



Laporan Ketua Panitia dan Ketua FOPPSI Cabang Kembayan Ibu Niswatul Ulya dalam acara Pembukaan tanggal 26 Mei 2019 (atas) dan acara Penutupan tanggal 29 Mei 2019 (bawah)


Bersama Dewan Hakim/Juri dan sebagian Peserta Da’i Cilik


Bersama Dewan Hakim/Juri dan sebagian Peserta Musabaqah Adzan “The Next Bilal”



Bersama Dewan Hakim/Juri dan sebagian Peserta Tartil



Bersama Dewan Hakim/Juri dan sebagian Peserta Tilawah










Penyerahan Piala, Bingkisan, THR dan Sertifikat kepada pemenang Lomba oleh (1) Bapak Camat Kembayan, (2) Bapak Wakapolsek Kembayan, (3) Bapak Pengawas SD Kecamatan Kembayan, (4) Bapak Pengawas SD Kecamatan Sekayam, (5) Bapak Ketua FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat, (6) Bapak Seksi Pengabdian Masyarakat FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat, (7) Ibu Ketua FOPPSI Kabupaten Sanggau









Penyerahan Piagam Penghargaan kepada (1) FOPPSI Kabupaten Sanggau, (2) FOPPSI Cabang Beduai, (3) FOPPSI Cabang Kembayan, (4) FOPPSI Cabang Sekayam, (5) KKG PAI Lintas Sekayam, (6) Reisma Al Muhsinin Tanjung Periuk, dan (7) Komunitas Pencinta Masjid Kecamatan Kembayan oleh Ketua FOPPSI Provinsi Kalimantan Barat


Ditulis dan dilaporkan oleh :

NISWATUL ULYA
Ketua FOPPSI Cabang Kembayan / Ketua Panitia FOPPSI GPS ( Gerakan Peduli Sesama ) Kembayan, Beduai dan Sekayam


DIPUBLIKASIKAN OLEH
SEKSI BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMASI FOPPSI 
PROVINSI KALIMANTAN BARAT
DESY ASTUTI


SALAM FOPPSI
SALAM DATA TEPAT DAN AKURAT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar